Tahukah Anda Inilah Keutamaan Sholat Tarawih..Allahuakbar

Bagikandakwah - Sahabat dakwah, Alhamdulillah puji syukur kepada Allah SWT telah dipertemukan kembali bulan ramadhan, bulan yang mulia dan setiap amal shalih akan dilipat gandakan pahalanya. Pada bulan ramadhan semua umat islam yang melaksanakan puasa di bulan Ramadhan disunahkan (diajurkan) untuk melaksanakan shalat tarawih. Shalat tarawih termasuk qiyamul lail atau shalat malam yang dikhususkan di bulan Ramadhan.

Dan apa saja keutamaan melaksanakan shalat tarawih? Berikut ini penjelasan lengkapnya keutamaan shalat tarawih.
1. Diampuni dosa-dosa yang telah lalu
Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
“Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 37 dan Muslim no. 759)
Yang dimaksud qiyam Ramadhan ialah shalat tarawih sebagaimana yang dituturkan oleh An Nawawi. (Syarh Muslim, 3/101)
Hadits ini memberitahukan bahwa shalat tarawih dapat menggugurkan dosa dengan syarat karena iman yaitu membenarkan pahala yang dijanjikan oleh Allah serta mencari pahala dari Allah, bukan karena riya’ atau alasan lainnya. (Fathul Bari, 4/251)
 2. Shalat tarawih bersama imam seperti shalat semalam penuh
Dari Abu Dzar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengumpulkan keluarga dan para sahabatnya. Lalu beliau bersabda,
إِنَّهُ مَنْ قَامَ مَعَ الإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ كُتِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَةً
“Siapa yang shalat bersama imam sampai ia selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi)
Hadist tersebut sekaligus merupakan anjuran agar kaum muslimin mengerjakan shalat tarawih secara berjama’ah dan mengikuti imam hingga selesai.
3. Shalat tarawih termasuk salah satu shalat sunah yang utama
Ulama-ulama Hanabilah (madzhab Hambali) mengatakan bahwa seutama-utamanya shalat sunnah ialah shalat yang dianjurkan dilakukan secara berjama’ah. Karena shalat seperti ini hampir serupa dengan shalat fardhu. Kemudian shalat yang lebih utama lagi ialah shalat rawatib (shalat yang mengiringi shalat fardhu, sebelum atau sesudahnya). Shalat yang paling ditekankan dilakukan secara berjama’ah ialah shalat kusuf (shalat gerhana) kemudian shalat tarawih. (Al-Mawsu’ah Al-Fiqhiyyah Al Wuwaitiyyah, 2/9633)
Semoga Allah menjaga semangat kita untuk melaksanakan shalat tarawih hingga akhir Ramadhan.Dan amalan kita dibulan ramadhan dicatat Allah sebagai amal shalih. Aamiin.



Sumber:Ummi-online
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tahukah Anda Inilah Keutamaan Sholat Tarawih..Allahuakbar