Mengejutkan....Muslimah Shalihah Boleh Mewarnai Kuku?Silahkan Share

Bagikandakwah  – Sahabat dakwah dizaman yang seperti sekarang ini banyak waniita yang mengutak-atik bagian tubuh mereka agar tampil maksimal, salah satunya yakni mewarnai kuku mereka. Memang dalam islam mewarnai kuku itu boleh asal jangan sampai sembarangan. Sebab ada beberapa persyaratan yang perlu diperhatikan bagi muslimah yang ingin mewarnai kukunya. Simak hadits berikut ini:



Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata, “Istri-istri kami punya kebiasaan memakai pewarna kuku di malam hari. Bila tiba waktu Shubuh, pewarna tersebut dihilangkan, kemudian mereka berwudhu dan melaksanakan shalat. Setelah shalat Shubuh, mereka memakai pewarna lagi. Ketika tiba waktu Zhuhur, mereka menghilangkan pewarna tersebut, kemudian mereka berwudhu dan melaksanakan shalat. Mereka mewarnai kuku dengan bagus, namun tidak menghalangi mereka untuk shalat.” (HR. Ad-Darimi, no. 1093. Syaikh Abu Malik menyatakan bahwa sanad hadits ini shahih dalam Shahih Fiqh As-Sunnah li An-Nisa’, hlm. 419).

Dapat disimpulkan hal yang perlu diperhatikan bila muslimah ingin mewarnai kukunya:

1. Berdandan mewarnai kuku hanya di rumah untuk mempercantik diri di hadapan suami

2. Muslimah shalihah rela berepot-repot mewarnai kuku dan membersihkannya kembali ketika akan shalat, hal ini bukan menjadi masalah besar bagi mereka

3. Pastikan menggunakan pewarna kuku yang dapat dihilangkan setiap akan shalat

4. Pakailah pewarna kuku yang sebaiknya tidak menghalangi air untuk mengenai permukaan kulit, bila pewarna yang dipakai menghalangi, maka harus dihapus ketika akan shalat

Sahabat dakwah itulah penjelasan mengenai pewarnaan kuku pada muslimah. bila ada yang mewarnai kuku hanya untuk keluar rumah perlu lagi mengintrospeksi diri, untuk apa menggunakan pewarna kuku tersebut? Daripada repot pakai-hapus, lebih baik save waktu dan tenaga untuk hal lain yang lebih bermanfaat tentunya.




Sumber:Ummi-online.com


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengejutkan....Muslimah Shalihah Boleh Mewarnai Kuku?Silahkan Share