Awasss !!! Garis Hitam di Kukumu Pertanda Ada Penyakit Kronis

Bagikandakwah - Bagi sebagian para wanita, kuku merupakan atribut tubuh yang juga harus dirawat. Soalnya, kuku yang indah dan cantik menandakan status kesehatanmu. Ya, engkau sebenarnya bisa menebak apakah kondisi kesehatanmu sedang buruk atau nggak dari kualitas kukumu.



Dilansir dari Halo Dokter, kuku yang lemah dan mudah patah meskipun nggak terbentur atau terkena apa pun, merupakan tanda kurangnya kalsium dalam tubuh. Nah, engkau tahu, kan, bagian kuku bawah pasti ada sedikit warna putih? Ini juga menandakan kualitas kesehatanmu.

Semakin kecil, bahkan nggak ada warna pputih di bagian bawah kuku, menandakan kalau ada organ tubuhmu yang nggak berfungsi secara maksimal. Ini mungkin sepele, girls. Tapi, tanda-tanda pada kuku yang muncul itu nggak bisa diremehkan.

Termasuk warna hitam pada kuku. Engkau mungkin suka melihat kalau ada orang yang memiliki kuku bergaris hitam. Garis hitam itu terlihat sepeerti darah beku di dalam akibat jari terjepit sesuatu dengan keras.

Tapi, sebenarnya ini bukan penyebabnya, girls. Garis hitam juga menandai adanya penyakit serius dalam tubuhmu.

Sebab Kuku Bergaris Hitam

Dilansir dari Halo Dokter, ada banyak penyebab dari garis hitam pada kuku. Pada orang-orang kulit gelap di Afrika, memiliki kuku bergaris hitam itu normal.

Hal ini disebut dengan Melanonychia. Tapi, sebenarnya juga ada sedikit orang-orang dengan ras Kaukasia dan Asia yang memiliki garis ini juga.

Tapi, jumlah mereka sangat sedikit, kira-kira hanya 10 persen. Selain itu, garis hitam pada kuku juga bisa menjadi tanda adanya kanker kulit ganas yang disebut dengan Subungual Melanoma. Tapi, ini cuma kalau strip hitam itu ada pada satu jari. Biasanya jempol tangan atau kaki.

Tanda lain yakni adanya warna hitam pada jaringan sekitar kuku atau nailfold. Tapi, engkau nggak usah panik dulu, girls.

Soalnya, ini juga bisa menjadi tanda kalau engkau habis teerjepit jarinya, atau cuma karena adanya jamur pada kuku. Tapi, sebaiknya memang engkau periksakan ke dokter sebelum semuanya terlambat. 


Sumber: bintang.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Awasss !!! Garis Hitam di Kukumu Pertanda Ada Penyakit Kronis