Tips Agar Uang Belanja Tidak Cepat Habis, Suami Harus Ingatkan Ini Pada Istri

Bagikandakwah - Mengelola keuangan dalam sebuah rumahtangga adalah hal yang sangat penting. Namun, tidak semua suami memiliki uang yang cukup untuk menafkahi keluarga dan membeli kebutuhan rumah tangga.

Apalagi saat ini barang-barang sudah pada naik, semuanya serba tidak cukup, bahkan terkadang uang bulanan hanya sebagai penyambung hidup untuk beberapa hari saja. Lalu apa yang perlu dilakukan jika keadaan demikian?
Untuk para suami jika sebelumnya belum pernah melakukan hal ini maka cobalah sampai kepada istri agar gajinya tidak cepat habis dan bertahan hanya beberapa hari saja.
1. Meminta Istri Untuk Tidak Mengeluh
Ketika kekurangan uang, suami harus menyampaikan kepada istri, hendaknya istri tidak mengeluh meskipun kekurangan uang.
Apalagi jika keluhannya tersebut disebar luaskan kepada orang tua terutama tetangga, karean keluhan hanya akan memperburuk keadaan.
Sampaikan kepada istri anda bahwa Nabi Muhammad sengajarkan kita sebagai umatnya untuk merahasiakan keluhan atau musibah. Dengan hal ini maka pertolongan Allah akan lebih mudah datang.
2. Perbanyak Istighfar Ketimbang Mengeluh
Sebagai kepala rumah tangga dan pemimpin tentu sudah semestinya suami meminta istrinya untuk tidak mudah berkeluh kesah dan mengganti keluh kesah tersebut dengan istighfar.
Sebab rezeki Allah akan turun berlipat ganda jika kita meminta ampun kepada Allah dengan merendahkan hati kita.
3. Berdoa Untuk Kelancaran Rezeki Suami
Doa para istri sangat dibutuhkan oleh suami, istri yang shalehah doanya sangat manjur dan jangan sampai istri lupa meminta kepada Allah.
Katakan kepada istri untuk sellau mendoakan kelancaran rezeki suami ketika hendak berangkat kerja dan jangan lupa untuk mencium kening istri.
Ketika mencium kening istri suami pun berdoa untuk keberkahan rezeki untuk sekeluarga. Serta meminta istri mendaoakan kelancaran usaha, kesehatan badan dan keselamatan mulai dari berangkat hingga pulang.
4. Ingatkan Istri Untuk Shalat Dhuha 4 Rakaat
Istri itu memang memiliki segudang tugas, akan tetapi suami harus mengingatkan istri untuk melaksanakan shalat dhuha 4 rakaat.
Karena biasanya istri lupa untuk melaksanakan shalat ketika sudah memiliki pekerjaan rumah yang menumpuk. Karena inilah yang bisa melapangkan rezeki suami dan juga bisa melapangkan hati.
5. Katakan Pada Istri Bahwa Rezeki Bukan Hanya Nominal Gaji
Salah ketika kita hanya berpikir bahwa rezeki itu adalah gaji yang baik. Katakan kepada istri anda bahwa rezeki itu berupa apa saja dan banyak hal.
Termasuk sehatnya badan dan rumah tangga yang nyaman juga tentram. Jika didalam pernikahan memiliki keyakinan ini maka akan mensyukuri apa yang sudah dimiliki saat ini.
6. Kurangi Kebutuhan Rumah Tangga yang Tidak Penting
Mungkin ada kebiasaan yang terlalu mahal sehingga bisa diganti dengan membeli dengan sesuatu yang lebih murah.
Mintalah istri untuk mengatur keungan dengan baik. Jika ada biaya yang kurang penting dan menghabiskan uang cukup banyak maka lebih baik dihapus dari daftar kebutuhan.
Misal biaya perawatan, biaya kecantikan atau bahkan biaya makan yang banyak maka kurangi dengan berpuasa sunnah.
Nah, Sobat dakwah tercinta. Demikianlah 6 cara untuk mengingatkan istri agar tidak boros menggunakan uang dari pemberian suami. semoga bermanfaat
sumber :ummi-online.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Agar Uang Belanja Tidak Cepat Habis, Suami Harus Ingatkan Ini Pada Istri