Agar Rasa Cemburu Tidak Menimbulkan Perilaku Posesif, Lakukan Hal Ini

Bagikandakwah - Sebuah rumahtangga akan selalu diwarnai oleh berbagai hal salah satunya adalah rasa cemburu kepada pasangan. Perasaan cemburu adalah hal yang wajar namun jangan sampai berlebihan, karena rasa cemburu yang berlebihan akan menghambat pernikahan.



Maka dari itu pasangan suami-istri harus saling mendukung, saling melindungi serta harus membangun rasa percaya kepada pasangannya agar bisa membangun rumah tangga yang baik tanpa ada yang merasa disakiti atau dirugikan.

Menurut psikolog Personal Growth, Gracia Ivonika cemburu muncul disebabkan oleh kurang percaya kepada pasangan. Semakin tidak percaya kepada pasangan maka akan muncul sifat posesif. Seseorang akan bersifat posesif kepada pasangannya ‘disebabkan oleh rasa cemburu.

Agar rasa cemburu tidak menimbulkan perilaku posesif, lakukan beberapa tips dibawah ini.

1. Mulai Saling Terbuka
Sebagai pasangan suami-istri harus saling terbuka dalam hal apapun. Bahkan hal ini harus dilakukan sebelum menjalin hubungan sehingga apapun yang terjadi bisa menemukan solusi tanpa berburuk sangka.

2. Bangun Rasa Percaya dan Komunikasi yang Efektifkasi
Pernikahan itu harus memiliki rasa saling percaya sehingga tidak akan menjadi posesif. Bangun komunikasi efektif dan hangat untuk menghabiskan waktu bersama. Dengan seperti ini akan timbul rasa percaya kepada pasangannya sehigga tidak akan cemburu secara berlebihan.

3. Jika Merasa Tidak Nyaman, Ungkapkan
Jika dirasa pernikahannya sudah tidak nyaman, lebih baik ungkapkan secara langsung saja sehingga pasangan anda juga akan mengetahui penyebabnya.

4. Memahami Hak Pasangan
Ketika prilaku pasangan sudah posesif tentu ia ingin diikuti dan tidak peduli perasaan orang lain. Padahal pasangan itu harus saling menghargai dan menghormati. Jangana sampai rasa cemburu itu menghalangi atau membatasi pasangan untuk melakukan yang ia inginkan.

5. Konsultasikan Saat Sulit Mengatasi Rasa Cemburu yang Berlebihan
Jika merasa cemburu sampai membatasi kegiatan pasangannya maka cobalah untuk mengatasi dengan cara konsultasi pada pakarnya, seperti psikolog atau konselor. Atau bisa berdiskusi, meminta bantuan, bercerita tentang apa yang dirasakan.


Nah sobat dakwah, Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan agar mencegah cemburu yang berlebihan kepada pasangannya. Semoga bermanfaat

sumber: health.detik.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Agar Rasa Cemburu Tidak Menimbulkan Perilaku Posesif, Lakukan Hal Ini