Tanpa Menyakitinya, Begini Cara Mengatasi Teman yang Datang Cuma Saat Butuh Saja

Bagikandakwah - Tidak semua orang yang berteman dengan kita itu baik dan tulus. Karena masih banyak dari mereka yang katanya teman namun malah memanfaatkan kita bahkan banyak yang menyakiti kita.



Terkadang kita memiliki teman yang datang ketika butuh saja, tentu membuat kita merasa kita kesal dan jengkel melihat sikapnya yang datang ketika butuh dan pergi ketika sudah tidak membutuhkan lagi. Setelah itu datang lagi tentu sangat menyebalkan dan membuat kita merasa hanya dipermainkan.

Untuk itu agar kita tidak terjebak oleh sikap buruknya kita harus menyikapi dengan baik dan bijak, berikut ini tipsnya:

1. Menuruti Semua Keinginannya Asal Tidak Merugikan
Jangan langsung marah ketika temanmu datang pas lagi butuh aja. Cukup berpikir positif bahwa ia datang karena memang membutuhkan bantuan. Selama bisa dan tidak merugikan tidak ada salahnya memberi bantuan.

2. Berani Menolak Jika Dirugikan
Banyak teman yang selalu mengandalkanmu setelah dibantu olehmu. Jika memang sudah sangat menyebalkan dan merugikan, maka lebih baik tolak dan jangan mau membantunya.

3. Beri Alasan Kenapa Kamu Menolaknya
Beri alasan kenapa kamu tidak mau membantunya lagi, agar dia sadar dan tidak mengulangi kesalahannya lagi.

4. Rekomendasikan Orang Lain Untuk Membantunya
Jika kamu memang tidak bisa membantunya lagi, maka sarankan orang lain untuk dimintai bantuan. Sehingga dia tidak bergantung kepadamu lagi.


Karakter setiap orang itu berbeda, akan tetapi jangan sampai membuat hubunganmu yang awal-awalnya baik-baik saja berubah menjadi musuh. Karena masih banyak cara untuk menyikapi hal tersebut dengan sangat bijak dan baik. 

sumber :kumparan.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tanpa Menyakitinya, Begini Cara Mengatasi Teman yang Datang Cuma Saat Butuh Saja