Begini Cara Mengatasi Suami yang Kecanduan Games

Bagikandakwah - Jaman gadget seperti sekarang banyak yang kecanduan maen game, tidak hanya anak muda saja melainkan para suami pun ikut ketagihan bermain game sampai bikin para isrtri merasa kesal. Tentu hal ini sangat menyita waktu bahkan sering mengabaikan istri dan tidak memiliki waktu bersama keluarga.

Hal ini membuat para istri gelisah, jika tegur justru timbul masalah, meminta dengan baik-baik pun hanya disepelekan. Lalu bagaimana cara agar suami berhenti maen game? Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan oleh istri ketika suami kecanduan game.

1. Menyampaikan Dengan Cara yang Benar
Bermain game itu termasuk hal yang disukai oleh sebagian orang, disamping untuk melepaskan penat seharian, akan tetapi jika sudah kecanduan tentu hal tersebut tidak baik bisa lalai akan tugasnya sebagai kepala keluarga.

Sebelum menyalahkan pasangan, anda harus tahu apakah cara menegur anda sudah benar atau tidak. Jika sang suami tidak mengubris perkataan anda, bisa jadi karena strategi yang anda lakukan kurang tepat.



Jangan menyalahkan pasangan dan jangan menyudutkan apalagi didepan sang anak. jika ingin merubah maka dibutuhkan pendekatan yang tidak sebentar.

2. Kebiasaan Buruk Pasangan Tetap Harus Diatasi
Beruasahalah untuk mengubah kebiasaan buruk pasangan tanpa harus menyalahkan, karena yang demikian tidak dibenarkan. Orang tua harus mengasuh keluarga dengan baik, karena jika suami-istri tidak bisa memberikan contoh yang baik kepada sang anak maka akan mengambat untuk memberi hal yang baik kepada sang anak.

Menurut najwa sihab, berikut ini yang bisa dilakukan untuk menghentikan suami yang kecanduan bermain game menurut

Jangan berekspektasi berlebihan
Semua orang pasti ingin mendapatkan perlakukan baik terutama dari pasangannya. Juga bagaimana cara pasangan mengatur waktu mulai dari waktu untuk dirinya sendiri, membantu mengasuk anak dan membantu istri.

Tidak semua keinginanmu akan terwujud dengan cepat, jangan berharap suami berubah dalam waktu yang singkat. Karena setiap hal butuh proses dan membutuhkan waktu. Karena jika terlalu berharap yang ada akhirnya akan kecewa.

Cari aktivitas yang solutif
Mencari kegiatan yang membuat anda dan pasangan melakukana kegiatan yang sekiranya bisa mendorongmu ke arah yang lebih positif.

Misal meluangkan waktu untuk bermain bersama, jalan bersama sehingga bisa mengurangi suami bermain game.

Cobalah untuk berempati
Jangan egois, jadilah pasangan yang berempati karena sosial media juga meruapakan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Setelah seharian bekerja, dengan cara bermain ponsel akan mengurangi rasa penat sehingga memang butuh waktu sendiri dan menghibur diri. Maka biarkan pasangan melakukan hal yang dia suka.

Tidak hanya anda, pasangan anda pun juga membutuhkan hiburan salah satunya dengan bermain game. Atau cobalah untuk ikut bermain game agar tidak selalu menyalahkan suami.


Dengan demikian akan memiliki waktu yang sangat berharga dengan keluarga. Maka dari itu terus berusaha untuk mengurangi kebiasaan buruk suami. Dan jangan mudah menyalahkan lebih baik apresiasi suami agar pernikahannya lebih bahagia dan lenggeng. 

Demikianlah tips yang bisa kami bagikan, semoga dapat bermanfaat.

sumber :theasianparent.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Begini Cara Mengatasi Suami yang Kecanduan Games