Jangan Lakukan 6 Hal Ini Saat Bertengkar Sama Pasangan

Bagikandakwah - Dalama kehidupan rumah tangga, Kerap kali suami-istri mengalami yang namanya pertengkaran. Entah itu dikarenakan ekonomi atau keegoisan masing-masing. Jika tidak bisa menahan emosi dengan baik akhrinya akan menyakiti pasangan, menjatuhkan pasangan dan membuat pasangan semakin menjauh atau saling diam. Tidak meminta maaf, tidak mencari jalan keluar, keduanya hanya merenungi kesalahan masing-masing.



Mungkin pasagan suami-istri tidak menyadari bahkan dianggap sepela namun ternyata bisa berakibat fatal dan berdampak buruk bagi pernikahanmu. Maka dari itu ada beberapa hal yang harus dihindari sebelum bertengkar.

1. Jangan Cepat-cepat Curhat Sama Orang Lain
Ketika sudah menikah jangan mudah curhat kepada orang lain tentang masalahnya keluarganya. Sebisa mungkin selesaikan terlebih dahulu, demi menghindari membuka aib pasangan, karena ketika emosi pasti akan menjelek-jelekkan pasagan.

Meskipun kepada teman dekat sekalipun jangan curhat masalah pribadimu, kamu akan malu jika temanmu sudah tahu aib keluargamu sedagkan kamu kembali harmonis dengannya.

2. Jangan Curhat Dimedia Sosial
Jangan sampai meluapkan emosi dimedia sosial karena hal ini jauh lebih buruk dari pada curhat kepada teman sendiri. Jika ada yang membaca lalu memprovokasi masalahmu bukan menyelesaikan masalah namun semakin memperumit keadaan.

Meskipun temanmu memberi respon yang baik namun apakah tidak malu jika membeberkan keburukan pasaganmu didepan umum. Juga semakin gelisah karena memikirkan komentar orag lain.

3. Jangan Sampai Pergi Dari Rumah
Sekalipun emosi, jengkel, gak mau dekat-dekat, selalu eksal ketika melihat mukanya namun jangan sampai minggat dari rumah sebab pertengkaran rumah tangga itu adalah hal biasa. Kecuali jika pernikahan sudah tidak bisa diselamatkan.

Maka dari itu berusalah untuk tetap tinggal bersama pasagannya agar bisa berbicara ketika kondisi hati sudah reda. Jika tetap bersama meski betengkar masih ada kemungkinan untuk rujuk da baikan kembali.

4. Jangan Menolak Ketika Diimintai Tolong
Jagan acuh ketika pasagamu meinta tolong meski sedang bertengkar. Ia masih mengandalkanmu dan masih dibutuhkan olehnya. Meski sebenrnya ia bisa meminta bantuan orang lain namun ia masih membutuhkamu, maka dari itu jadikan kesempatan untuk menolongnya bisa jadi ia akan meminta maaf duluan.

5. Jangan Berburuk Sangka atau Pun Berekspektasi Terlalu Tinggi Pada Pasangan
Jangan berpikiran buruk kepada pasagan dan menganggapnya memiliki wanita lain. Dan tidak perlu berekspektasi terlalu tinggi terhadap pasagan yang akan meminta maaf dengan cara romantis sepertidi di film-film. Intinya jangan terlalu berandai-andai. Sebab yang semakin merumitkan masalah adalah ego masing-masing.

6. Jangan Melarutkan Konflik Tanpa Ending yang Jelas

Jangan terlalu lama mendiamkan masalah, jangan melihat kesalahan da keburukan pasangan lebih baik ingat kebaikannya. Jika memang masih saling mencintai lebih baik berkomunikasi secara baik-baik, minta maaflah lebih dulu agar egonya sedikit menurun dan juga meminta maaf.

Demikianlah beberapa hal yang beberapa hal yang tidak boleh dilakukan suami istri ketika sedang bertengkar, dikarenakan akan menyebabkan pertengkaran yang lebih hebat nantinya dan tk kunjung selesai.

sumber : pobela.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Jangan Lakukan 6 Hal Ini Saat Bertengkar Sama Pasangan