Agar Tetap Sehat Inilah Menu Yang Wajib Dimakan saat Buka Puasa

Bagikandakwah  – Sahabat dakwah setelah seharian menahan lapar dan dahaga, pastilah kita semua begitu menantikan saat berbuka puasa.  Pada saat buka puasa yang penuh keberkahan ini, kita wajib selektif memilih makanan. Sayangnya, kebanyakan dari kita sering merasa “Lapar mata”saat melihat makanan sehingga hampir semuanya ingin dibeli dan dimakan. Godaan saat lapar memang hal yang wajar terjadi, namun Anda juga wajib mengendalikan diri dan hawa nafsu. Pastikan memperhatikan apa saja makanan dan minuman yang akan dikonsumsi saat buka puasa, sebab salah memilih makanan dapat berpotensi mengganggu sistem pencernaan, misalnya : perut kembung, mules, hingga diare. Memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi selama berbuka sangat penting untuk menghindari risiko penyakit. Agar tak salah pilih, pastikan dan perhatikan enam Menu Buka Puasa yang Wajib Dikonsumsi, berikut ini :


1. Air Putih
Air putih termasuk satu minuman yang wajib dikonsumsi saat berbuka, sebab 10% suplai air dalam tubuh kita akan menurun akibat puasa. bila dibiarkan, maka akan berisiko mengalami dehidrasi. Dengan mengonsumsi air putih, tubuh akan terhidrasi dengan baik dan pastinya oksigen dalam tubuh menjadi normal.

2. Kurma
Dalam sebuah hadits, disebutkan bahwa Rasulullah berbuka dengan beberapa buah kurma. Hal ini sangat bermanfaat, karena selama kita puasa, maka liver tak mendapatkan suplai makanan dari perut serta tidak dapat mengirimkannya ke seluruh sel-sel tubuh. Dengan berbuka buah kurma yang manis, maka liver dengan cepat akan menyerap, memproses, dan mengirimkan zat yang dihasilkannya ke seluruh tubuh dan otak.

3. Buah kaya air
Makanan lain yang dapat menjadi alternative utama saat buka puasa adalah buah-buahan berair, seperti : melon, timun suri, semangka, dan lainnya. Buah kaya air tidak hanya menyegarkan tubuh lebih cepat, tetapi juga kaya nutrisi yang bagus untuk tubuh. Meski begitu, saat buka puasa, Anda harus menghindari buah-buahan asam, karena dikhawatirkan dapat mengganggu lambung.

4. Sup
Sup sayuran menjadi alternative makanan yang pas untuk berbuka puasa. Kandungan nutrisi dalam sayuran bisa menyegarkan tubuh lebih cepat dan pastinya menggantikan asupan nutrisi yang hilang selama puasa.

5. Kentang
Makanan berkarbohidrat sangat penting juga saat berbuka puasa. Meski begitu, kita harus bijak memilih karbohidrat saat puasa. Jangan sampai memilih karbohidrat yang memicu kadar gula darah meninggi. Pilih kentang, sebab mengandung Vitamin C, betakaroten, potassium dan nutrisi penting lainnya yang bisa meningkatkan energy dan pastinya rendah kalori sehingga aman.

6. Telur
Telur mengandung protein dan asam amino yang penting untuk tubuh selama menjalankan ibadah puasa. Konsumsi telur rebus atau olahan lainnya untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari telur.

Pemilihan menu yang tepat saat berbuka puasa akan membuat energi cepat kembali serta membuat sistem pencernaan lebih terjaga. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.Amiin

 




Sumber:intipslagi.blogspot.co.id


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Agar Tetap Sehat Inilah Menu Yang Wajib Dimakan saat Buka Puasa