Jika Aroma Mulut Tidak Sedap !!! Waspada 7 Penyakit Ini

Bagikandakwah  – Sahabat dakwah bau mulut Anda tidak sedap? Mempunyai bau mulut yang tak sedap memang membuat seseorang merasa kurang percaya diri, sebab itu mereka rela melakukan berbagai cara untuk mengatasi masalah bau mulut tidak sedap, misalnya : obat kumur, memakai pengharum mulut, mengunyah permen, dan lainnya. Tahukah Anda, bila penyebab bau mulut tak selalu disebabkan kurangnya menjaga kebersihan mulut, akan tetapi bisa jadi merupakan pertanda seseorang menderita penyakit serius. Agar kita lebih waspada, sebaiknya mulai mengenali beberapa penyakit yang bisa ditandai dengan adanya bau mulut, berikut ini :



1.    Penyakit Diabetes

Apa yang terlintas dalam benak Anda saat mencium aroma permen atau gula? Segar bukan! Tapi sebaliknya bila Anda memiliki bau mulut seperti permen atau gula, bisa jadi merupakan indikasi Anda menderita penyakit diabetes. Kondisi tersebut terjadi karena tubuh Anda mengalami kekurangan insulin sehingga tubuh tidak dapat mengubah gula menjadi energi. Lalu apa yang dilakukan tubuh? Tubuh akan mencari cara lain untuk menghasilkan energi, yakni dengan membakar lemak yang kemudian menghasilkan keton, dimana ia akan mengendap dalam darah dan juga urin.

2.    Gagal ginjal
Penyakit gagal ginjal juga dapat dikenali dari bau mulut yang tidak sedap, yakni seperti air seni, amis, atau mirip bau ammonia. Hal itu akibat ginjal kita gagal membuang sampah dan racun yang menumpuk dalam darah kita. Penumpukan sampah dan racun tersebut kemudian dirilis oleh sistem pernafasan kita sehingga menimbulkan bau tidak sedap.

3.    Asam lambung
Asam lambung naik tidak hanya membuat mulut serta tenggorokan terasa tak nyaman, akan tetapi juga memicu bau mulut yang tidak sedap. Hal ini akibat proses pencernaan makanan dalam lambung yang tidak sempurna sehingga terjadi pembusukan. Dan bau busuk tersebut yang akhirnya menyebabkan bau busuk keluar melalui nafas.

4.    Amandel
Seseorang yang menderita penyakit amandel juga mempunyai bau mulut yang tidak sedap, mirip daging busuk. Hal itu terjadi karena ketika amandel meradang maka akan mengakibatkan bakteri anaerob kesulitan mencapai belakang lidah untuk memecah bahan kimia. Sementara itu, bakteri sulphur justru berkembang biak lebih banyak sehingga menyebabkan bau mulut.

5.    Infeksi Gusi
Infeksi gusi tak hanya menyakitkan, tetapi juga memicu bau mulut tidak sedap mirip feses. Mengerikan ya? Oleh sebab itu, selain rutin sikat gigi, pastikan Anda rutin memeriksakan kesehatan gigi ke dokter gigi secara teratur.
6.    Kanker paru
Penyakit lain yang ditandai dnegan bau tidak sedap ialah kanker paru. Bau yang ditimbulkan penyakit ini ialah mirip ammonia. Hal ini terjadi akibat kebiasaan mer*kok atau akibat paparan asap r*kok.

7.    Infeksi saluran nafas
Seseorang yang mempunyaii bau mulut tidak sedap dapat juga merupakan pertanda bahwa dia menderita penyakit infeksi saluran pernafasan, misalnya : asma, sinusitis, bronchitis. Bau mulut penderita penyakit saluran nafas ialah bau busuk pada nafas atau bisa juga bau mirip kapur barus.

Setelah membaca ulasan diatas, masihkah Anda menyepelekan masalah bau mulut yang tidak sedap? Namun bila mengalami masalah bau mulut yang tidak sedap, Anda tidak perlu langsung cemas apalagi takut berlebihan. Segera hubungi dokter Anda untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.
Semoga bermanfaat.




Sumber:intipslagi.blogspot.co.id


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Jika Aroma Mulut Tidak Sedap !!! Waspada 7 Penyakit Ini