Inilah Amalan - Amalan Sunnah Yang Sering Di Sepelehkan

BagikanDakwah - Sahabat dakwah, setiap hari kita mengerjakan berbagai aktivitas yang bermacam-macam. Dimulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Semua kegiatan tersebut tak luput dari pengawasan-Nya dan ada aturan main-Nya, baik yang berupa wajib maupun sunnah.



Islam ialah agama yang paling sempurna. Islam mengatur kehidupan manusia sekecil apapun bentuknya. Sehari-harinya kita sebagai muslim harus berpedoman pada kitab Al-Qur’an dan juga berpedoman pada sunnah Rasul Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Namun, sering sekali kita lalai dalam melakukan kegiatan kita. Kita menganggap sepele terhadap sunnah yang Rasulullah saw ajarkan. Padahal jika kita melakukannya, maka hal itu akan menambah pahala kita. Bukan malah membuat kita rugi. Sangat rugijika kita tidak membiasakansunnah-sunnah itu mulai dari sekarang.

Ada banyak sunnah yang sering kita lalaikan. Sunnah-sunnah tersebut misalnya;

Masuk toilet menggunakan kaki kiri dan keluar menggunakan kaki kanan, namun ada juga yang masih menggunakan kaki kanannya ketika masuk toilet. Parahnya tidak berdo’a terlebih dahulu.

Masuk masjid menggunakan kaki kanan dan keluar menggunakan kaki kiri, kebalikan saat kita masuk ke toilet. Masjid adalah tempat ibadah untuk menghadap Allah SWT. Sepantasnya kita menghormati tempat itu.

Menutup mulut saat menguap. Pernahkah Sahabat dakwah melihat ada orang menguap dan tidak menutup menutupnya? Jika pernah, apa yang Sahabat dakwah rasakan? Mungkin kita akan merasa ilfeel ya...Menguap - selain tidak sopan kalau dilihat, juga memberikan kesempatan kepada setan untuk masuk kedalam tubuh. Maka, Rasul saw pun menganjurkan agar kita menutup mulut saat menguap.

Baca Juga : Inilah 8 Amalan yang Mendatangkan Syafa’at di Hari Kiamat

Mengucapkan “Alhamdulillah” sehabis bersin. Bersin menjadi sarana untuk mengeluarkan kotoran dari hidung kita. Nah, karena kotoran itu telah keluar, sudah sepantasnya kita bersyukur dengan mengucap “Alhamdulillah”.

Membaca do’a ketika keluar rumah/hendak bepergian. Sebelum keluar rumah pun, kita dianjurkan membaca do’a, menyerahkan segala urusan yang akan terjadi kepada Yang Maha Kuasa, memohon perlindungan-Nya karena kita sebagai manusia tidak bisa berbuat apa-apa tanpa-Nya.

Nah, itulah tadi beberapa amalan sunnah yang sering disepelekan. Masih banyak lagi amalan sunnah yang bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Maka, Sahabat Sahabat Dakwah, mari kita mulai sekarang kita usahakan untuk menambah ilmu kita – terutama amalan-amalan sunnah. Agar setiap harinya kita bisa menjalani aktivitas dengan sunnah-sunnah yang Rasulullah ajarkan. Kan gak ada ruginya...malah bisa nambah tabungan pahala, ya kan?

Semoga tulisan ini bisa menjadi pengingat kita semua. Semoga bermanfaat.

Sumber : ummi-online.com



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Inilah Amalan - Amalan Sunnah Yang Sering Di Sepelehkan