Anda Sering Lupa Menaruh Barang? Inilah Cara Memperkuat Daya Ingat yang Perlu Dilakukan

BagikanDakwah - Sahabat Dakwah, Anda Sangat Sering Lupa Menaruh Barang? Inilah beberapa Cara Memperkuat Daya Ingat yang Perlu Dilakukan! Banyak loh yang terbiasa menghabiskan waktu berpuluh menit hanya untuk mencari kunci, kacamata, atau handphone yang sering lupa taruh di mana. Sayang sekali kan jika waktu kita terbuang gara-gara kita lupa menaruh barang tersebut.



Inilah beberapa cara memperkuat daya ingat yang berikut ini:

1. Lakukan Senam Otak

Yakni melatih otak kita dalam mengingat sesuatu, misalnya sebutkanlah 10 nama teman yang sangat dekat dengan Sahabat Ummi saat SMA. Menyebutkan urutan 1-20 nama surah di Al Quran, atau sebutkan hal lain yang Sahabat Ummi tentukan sendiri.

2. Konsumsi Makanan yang Baik untuk Otak

Misalnya buah blueberry, buah bit, bawang merah, brokoli dan pisang. Makanan-makanan tersebut sangat baik untuk menurtisi otak Sahabat Ummi agar tidak cepat pikun atau sering lupa.

3. Minum cukup air putih

Minumlah air putih 6 -8 gelas air putih sehari. Karena air putih dapat membantu seluruh fungsi organ tubuh bekerja lebih optimal, terutama otak kita.

4. Olahraga rutin

Dengan berolahraga kita bisa meningkatkan sistem peredaran darah. Lakukan latihan sederhana seperti berjalan kaki, bersepeda, atau berenang secara rutin. Hal ini akan dapat meningkatkan daya kerja jantung dan oksigen ke otak.

Terbukti secara ilmiah ornag yang berjalan 3 jam dalam seminggu akan meningkatkan daya ingatnya pada umur 50 tahun ke atas.


Baca Juga : Inilah 3 Kebiasaan Buruk yang bisa menimbulkan penyakit berbahaya

5. Mengasah otak dengan permainan

Mengisi teka-teki silang, bermain puzzle, dan permainan lain yang membuat otak berpikir akan merangsang daya ingat kita menjadi lebih baik.

6. Tidur cukup

Lakukan tidur yang cukup. Tidur berfungsi untuk mengistirahatkan dan meregenerasi otak. Sehingga ketika bangun, otak kita menjadi fresh dan segar kembali.

Tambahan tips yang perlu diperhatikan, biasakanlah menaruh barang tertentu pada tempat-tempat yang sudah dibiasakan. Misalnya, menaruh kunci di atas kulkas, menaruh kacamata di atas TV, sehingga tidak akan kebingungan dan tak perlu banyak waktu untuk mencari barang-barang tersebut.

Sahabat dakwah demikianlah tips agar kita bisa memperkuat daya ingat kita. Semoga bermanfaat


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Anda Sering Lupa Menaruh Barang? Inilah Cara Memperkuat Daya Ingat yang Perlu Dilakukan