Inilah Ujian Jika Anda Mempunyai Anak Perempuan

BagikanDakwah - Sahabat dakwah, Inilah Ujian mempunyai Anak Perempuan, namun ujian ini bisa membeli surga Allah dan menghalangi kita dari siksa neraka jika kita menjalaninya dengan ikhlas.



“Barang siapa diuji dengan sesuatu dari anak-anak perempuannya, lalu dia berbuat baik kepada mereka, kelak mereka akan menjadi penghalang dari api neraka.” (HR. al-Bukhari no. 1418 dan Muslim no. 2629)
Berikut ini ujian jika anda mempunyai anak perempuan dan ini dia solusinya :
1] Anak perempuan lebih sensitif dan perasa, banyak orangtua yang menganggap putrinya cengeng padahal ini ialah bukti bahwa perempuan lebih sensitif.

Latih kemampuan sensitif dan perasanya ini untuk hal-hal baik, misalnya ajari ia berempati dengan orang lain, dengan anak yatim piatu atau anak tetangga yang kurang mampu. Jika sejak dini tidak diajari berempati, anak gadis kita akan kesulitan memahami konsep bersyukur dengan apa yang telah ia miliki.

Baca Juga : Anda Sangat Beruntung Jika Anak Pertama Anda Perempuan, Karena Bisa Membawa Berkah... Ini Penjelasannya

2] Ada kecenderungan anak perempuan akan merasa sedih ketika keinginannya tidak dituruti, sehingga ia akan merasa kurang disayangi, banyak orangtua yang lantas memanjakan putrinya dan memberikan apapun yang diminta padahal ini bukanlah metode yang baik.

Ajari putri kita untuk banyak bersyukur dan tidak terus-terusan mengeluh hanya karena tidak dibelikan boneka. Ceritakan betapa banyak anak yang tidak seberuntung dirinya, makanan saja tidak punya.

3] Anak perempuan lebih suka bertengkar dengan mulutnya daripada adu fisik

Mengucapkan kata-kata kasar dan menyakitkan ketika sedang ribut dengan temannya, orangtua perlu menjelaskan bahwa hal ini tidak baik dan bisa melukai perasaan orang lain. Jelaskan bahaya lisan pada putri kita agar ia menyadari betapa buruk berkata kasar atau kotor.

4] Anak perempuan perlu diajarkan untuk melindungi bagian i-ntimnya dan diberitahukan mengenai aurat serta rasa malu.

Jangan biasakan anak perempuan kita membuka pakaian di depan umum, tanamkan rasa malu sejak dini agar ketika ia baligh akan mengerti kewajibannya menutup aurat. Ajarkan juga peraturan mengenai siapa bagian I-ntimnya, yang boleh melihat dan memegang hanya ibu, ayah pun tak boleh tanpa sepengetahuan ibu, dokter juga boleh asal ada bersama ibu, misalnya jika harus periksa bagian tersebut, dengan demikian ia tahu jika ada guru atau teman yang melecehkannya, ia harus beritahukan pada orangtua.

5] Asahlah potensi seni anak perempuan kita, misalnya dengan aktivitas menggambar, mewarnai, bermain musik, ketrampilan tangan.
Anak perempuan menyukai kegiatan kesenian karena bisa memperhalus jiwanya.

Sahabat dakwah, semoga kita sebagai orangtua bisa mendidik anak perempuan menjadi muslimah shalihah yang kelak nantinya bisa bermanfaat bagi agama dan negaranya.

Semoga bermnafaat


Sumber : ummi-online.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Inilah Ujian Jika Anda Mempunyai Anak Perempuan