Manajemen Masak Agar Tidak Bingung Nanya Hari Ini Masak Apa?

BagikanDakwah - Sahabat dakwah, da banyak cara agar pekerjaan sebagai ibu rumah tangga bisa sistematis dan rapih, salah satunya manajemen masak. Sering kali kita bingung dipagi hari tentang hal masak apa ya hari ini ?? Benarkah demikian wahai para istri



Jangan sepelekan kegiatan masak karena jika tidak tersistim kegiatan tersebut bisa memakan banyak waktu. Sementara, pekerjaan ibu rumah tangga enggak hanya masak. Masih ada kerjaan lain yang menunggu.

Beli masakan di luar sesekali memang tidak masalah, tapi kalau tiap hari? Ehm... bisa-bisa kantong jebol. Belum lagi kita tidak tahu bagaimana kualitas masakan yang kita beli: bersih atau tidak.

Agar kegiatan masak memasak tidak dianggap sebagai beban, maka ibu rumah tangga bisa menerapkan manajemen masak.

Seperti apa itu? Berikut ini Tips nya

1]  Tentukan menu masakan per tema per minggu. Misal seperti ini

Menu masakan per tema per minggu
Minggu I: Tempe
Minggu II: Ayam
Minggu III: Tahu
Minggu IV: Ikan

2] Dari situ (nomor 1) kita turunkan lagi per hari, misal seperti ini

Minggu I
Senin: Tempe goreng
Selasa: Oseng-oseng tempe
Rabu: Ca tempe
Kamis: Sate tempe
Jumat: Mendol tempe
Sabtu: Jangan tempe
Minggu: Tempe penyet
Adapun kalau campuran lain semisal daging ya itu bukan yang utama tetep utamany tempe sesuai tema. Misal daging 2 iris, tempe 10 iris.

Minggu II: Ayam
Senin: Ayam goreng
Selasa: Kare ayam
Rabu: Ayam bumbu kecap
Kamis: Opor ayam
Jumat: Bali ayam
Sabtu: Soto ayam
Minggu: Semur ayam
Ada bahan lain pasti semisal sayur, tapi bahan utama tetap ayam

3] Stok bumbu utama agar tidak perlu lagi menyiapkan mendadak saat masak. Misal, kita punya stok bawang merah dan bawang putih yang sudah diiris atau diblender. Jadi sewaktu-waktu butuh tinggal ambil. Menghemat waktu.

4] Bagaimana dengan cemilan?

Kita bisa memakai buah sebagai cemilan sehat dan bermanfaat. Karena biar pun hanya cemilan, tetap saja enggak boleh yang membahayakan misal yang banyak mengandung bahan pengawet.

Pilihlah buah yang sedang musim. Misal saat ini musim mangga, maka kita bisa membeli mangga agak banyak karena harganya lebih murah. Bilapun ingin buah yang lain ya enggak masalah tapi tentu belinya tidak sebanyak buah yang lagi musim.

Bagaimana, Bunda? Dengan mempunyai manajemen masak secara sederhana seperti di atas setidaknya kita tidak perlu terbebani lagi dengan pertanyaan "Besok masak apa?"

Kita juga bisa memperkirakan berapa banyak uang yang harus kita keluarkan untuk membeli bahan-bahan tersebut. Ada banyak cara yang bisa dilakukan bunda untuk menghemat pengeluaran keluarga tapi gizi tetap dan selalu tercukupi.

Sahabat dakwah, Marilah jadi ibu rumah tangga yang bijak dan mengasyikkan agar suami dan anak menjadi senang dengan masakan yang bervariasi.
Semoga bermanfaat .


Sumber : ummi-online.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manajemen Masak Agar Tidak Bingung Nanya Hari Ini Masak Apa?