Usia Berapakah Anak Bisa Diberikan HP dan Bagaimana Agar Tidak di Salahgunakan

BagikanDakwah - Sahabat Dakwah, dimasa kini memberikan fasilitas handphone pada anak menjadi kebutuhan orang tua. Sebagian besar dari kita beranggapan jika handphone lebih memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan anak.



Namun, Kebiasaan ini apakah dirasa sudah tepat? Memberikan anak alat komunikasi di usia dini, tepatkah? Jika kurang tepat lalu di usia berapa anak diberi fasilitas handphone ? berikut ulasannya

Di kutip dari female(dot)kompas(dot)com, Psychotherapist dan penulis buku The Self Aware Parent, Frand Walfish, Psy.D. mengatakan, usia minimal anak memiliki handphone yakni saat anak menginjak usia 10, namun idealnya adalah 12 atau 13 tahun.

Pada usia ini anak dianggap sudah paham dengan fungsi handphone dan bisa membedakan mana yang baik dan buruk.

1] Pertimbangkan untuk memberi handphone yang hanya bisa menelepon dan sms, bukan smartphone dengan berbagai fungsi dan fitur

   
Baca juga: Ini Akibatnya  Jika Orang Tua Terlalu Memanjakan Anak

  
2] Beri pengertian dan pemahaman tentang batasan pada anak
Dengan kepercayaan kita untuk memberikan handphone pada anak, berarti kita sudah siap dengan konsekuensi yang akan kita terima nantinya. Beri pemahaman, untuk apa dia menggunakan handphone dan kapan pemakaiannya.

3] Beri pemahaman tentang penggunaan handphone

Beri pemahaman, kapan anak harus menggunakan handphone dan untuk apa dia diberikan handphone tersebut. Buatlah perjanjian kesepakatan, yang jika dilanggar, maka handphone akan ditarik kembali.

4] Berikan contoh yang baik

Yang pasti anak meniru apa yang dilakukan orangtua, jika tidak ingin anak memakai hp untuk menonton video po-rno misalnya, maka orangtua harus mencontohkan dengan tidak mengakses po-rnografi, jika ingin anak tetap memperhatikan perkataan orangtua ketika sedang asyik dengan hpnya, maka orangtua pun harus memperlihatkan hal yang sama ketika anak berbicara dengan diri kita.

Semoga kutipan tulisan ini bisa bermanfaat bagi orangtua.


Sumber : ummi-online.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Usia Berapakah Anak Bisa Diberikan HP dan Bagaimana Agar Tidak di Salahgunakan