Ingatlah !!! Jangan Suka Sembarangan Menuduh Orang Riya

Bagikandakwah - Sahabat dakwah, serba salah deh kalau punya hati yang hobi berprasangka buruk. Orang melakukan apapun pasti dipandang buruk.  Betul gak sahabatku ?



Ibaratnya memakai kacamata hitam, melihat segala sesuatu jadi hitam... Padahal kalau mau ganti jadi kacamata yang normal, bisa melihat sekitarnya dengan warna aslinya.

Misalnya nih, ketika melihat seseorang share hafalan qur'annya, atau bacaan qur'annya yang merdu, atau fotonya saat mengadakan bakti sosial dan sejenisnya di sosial media miliknya. Apakah kita tergelitik untuk menjudge bahwa orang-orang ini sedang riya'/ pamer?

Lalu, apakah kita lebih setuju isi sosmed penuh dengan sharing hal-hal buruk? Orang yang sedang memaki-maki, saling pukul, laki-laki dan perempuan non mahram berangkulan? Astaghfirullah...

Mari kita ingat bahwa riya' atau pamer itu adanya di niat alias dalam hati seseorang. Bisa jadi ketika ia men-share kebaikannya, niatnya agar ditiru banyak orang, bukan untuk pamer. Bukan wewenang kita untuk menghakimi sesuatu yang bahkan tidak bisa kita lihat (hati manusia), setuju ya?

Kalau memang indikasi riya' atau pamer sudah terlalu jelas kelihatan dan ada buktinya, meskipun begitu bukan hak kita untuk menghakimi seseorang.

Paling banter kita hanya bisa menasihatinya empat mata (sembunyi-sembunyi), kalau memang kita berniat menasihatinya. Tapi kalau berniat mempermalukannya, silakan nasihati dia di depan umum... Sesungguhnya itu bukanlah nasihat.

Sahabat dakwah, wewenang menghakimi tidak ada pada diri kita, hanya Allah yang berhak, Dia-lah hakim yang paling adil. Semoga tulisan yang sedikit ini bisa menjadi pengingat kita semua


sumber : ummi-online.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ingatlah !!! Jangan Suka Sembarangan Menuduh Orang Riya