Semakin Disayang Suami Walau Tak Lepas dari Konflik Rumah Tangga

Bagikandakwah – Sahabat dakwah, Menjalani kehidupan rumahtangga itu tidak mudah, pasti setiap rumah tangga tidak lepas dari konflik baik karena berdua atau karena campur tangan orang lain.  Namun konflik itulah yang akan menguatkan rumah tangga tersebut. Konflik tersebutlah yang membuat kita untuk lebih saling mengenal dan mengerti pasangan kita. Konflik tersebutlah yang akan lebih mendewasakan kita dan pasangan kita.



Konflik merupakan bumbu rumah tangga agar kita lebih dekat dengan pasangan. Oleh karena itu, hal yang terpenting dalam menghadapi konflik rumah tangga adalah komunikasi kita dengan pasangan. Janganlah masalah tersebut didiamkan atau bahkan kita mengambil keputusan sendiri. Ajaklah pasangan kita untuk membicarakan masalah yang dihadapi dengan hati tenang dan saling terbuka. Yang terpenting  adalah mencari solusi bukan saling menyalahkan.

Terutama kita sebagai seorang istri, jangan langsung mengambil tindakan sendiri tampa komunikasi dahulu dengan suami. Ajaklah suami berkomunikasi untuk mencari penyelesaian konflik tersebut. Percayalah seandainya seorang  istri dapat bertindak bijak terhadap konflik yang terjadi di rumah tangga,  suami akan semain sayang dan mengerti dengan istrinya.

Berikut ini beberapa hal yang dapat kita perhatikan saat menyelesaikan masalah dengan suami:

- Carilah waktu dan suasana yang tepat untuk mengajak suami bicara. Jangan saat suami lelah, seperti saat baru pulang kerja langsung disambut dengan pertanyaan- pertanyaan yang mungkin akan membuatnya cepat emosi.

-Pilihlah kata-kata yang tepat, jangan sampai menyinggung hati suami.

-Berterus terang, jangan ada yang disembunyikan.

-Berhati- hati ketika bertanya atau menjawab pertanyaan suami. Jangan sampai membuat suami merasa dipojokkan walaupun mungkin suami yang salah.

-Jangan terlalu fokus siapa yang benar dan siapa yang salah, tapi tujuan utama pembicaraan adalah mencari solusi masalah tersebut .

-Usahakan untuk tidak melibatkan pihak ketiga, cukup kita dan suami.

-Jangan memperlama waktu konflik dengan suami, segera cari solusi yang tepat.

-Sebesar apapun masalah yang dihadapi, selalu ingat bahwa mempertahankan keutuhan bersama adalah hal yang harus di utamakan.

-Jika solusi masalah sudah didapatkan, usahakan untuk tidak mengungkit- ungkit atau mengulangi pembicaraan masalah tersebut lagi. Hal ini akan membuat suami merasa tidak senang dan merasa kita belum memaafkannya secara penuh jika memang suami yang salah. Oleh karena itu saat solusi sudah didapat, usahakan jangan lagi membahas masalah tersebut.

Semoga bermanfaat

Sumber : ummi-online.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Semakin Disayang Suami Walau Tak Lepas dari Konflik Rumah Tangga