Tanyakan Hal Ini di Pagi Hari Agar Malasmu Hilang

Bagikandakwah - Sahabat Dakwah, begitu bangun pagi... sering kali ada perasaan malas dan lelah menyelinap yang dirasakan? Pernahkah anda merasakan seperti itu.. atau jangan-jangan rasa itu setiap hari terjadi



"Duh, capek sekali... rasanya tidak mau ngapa-ngapain hari ini."

"Kenapa sih pagi cepat sekali datangnya? Baru tidur sebentar tadi malam..."

"Rasanya masih ingin tidur lagi..."

Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Cara pertama tentu saja mempercepat waktu tidur. Kalau kita selalu tidur malam telat, atau tengah malam, sudah tentu di pagi hari masih terasa lelahnya.

Rasulullah terbiasa tidur sehabis waktu Isya, dan bangun di sepertiga malam dalam kondisi fit.

Selain itu, kita bisa memotivasi diri untuk bangun pagi dengan menanyakan beberapa hal ini pada diri sendiri:

1. Sudahkah melakukan kebaikan atau sedekah di pagi ini?

Jika belum, semoga kita semangat untuk segera bangkit dari tempat tidur untuk melakukan kebaikan di pagi hari.

Bisa jadi dengan menyediakan makanann untuk keluarga, berbagi menu sarapan untuk tetangga, memberi makan kucing atau binatang peliharaan yang sudah kelaparan karena semalaman belum makan. Ini semua terhitung sedekah, in syaa Allah.

2. Siapkah jika hari ini adalah hari terakhir kita di dunia?

Bagaimanapun kematian adalah sebaik-baik pengingat dan pemberi pelajaran. Dengan menanyakan hal ini pada diri sendiri, setidaknya kita akan termotivasi untuk senantiasa mempersiapkan diri menghadapi kematian.

Minimal kita akan melafalkan dzikir di pagi hari, yang bisa melindungi kita dari gangguan syetan sepanjang hari itu. Atau mulai membuka quran dan membaca tafsir ayat per ayat agar mendapatkan ketenangan batin dan petunjuk.

3. Apa yang harus dilakukan hari ini agar kondisi kita lebih baik dari hari kemarin?

Amalan atau target apakah yang perlu kita sasar hari ini agar kondisi kita lebih baik dari hari sebelumnya? Dengan menanyakan hal ini kita akan mengingatkan diri sendiri untuk tidak menjadi manusia yang merugi.

Sahabat Dakwah, tidak mudah memang untuk menjaga semangat dan keistiqomahan mengisi pagi dengan amal ibadah dan amal shaleh, akan tetapi sungguh berharga untuk dicoba. Selamat mempraktikkan. Dan semoga bermanfaat


Sumber : ummi-online.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tanyakan Hal Ini di Pagi Hari Agar Malasmu Hilang