Yakinlah Bahwa Menikah Membuat Kita Kaya, Ini Sebabnya

Bagikandakwah – Sahabat dakwah, Kita tak bisa dipungkiri, banyak single dan jomblo yang takut menikah karena berpikir seperti ini, "Hidup sendirian saja saya masih kekurangan, apalagi kalau harus hidup bersama orang lain." Sahabat dakwah tepatkah pemikiran seperti ini?



Padahal, dalam Al Quran telah dijelaskan bahwa Allah akan memampukan orang-orang yang miskin dengan pernikahan:

“Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. An-Nuur: 32).

Apabila kita meyakini kebenaran janji Allah dalam ayat di atas, maka seharusnya tidak ada lagi pemikiran 'sok realistis' seperti di awal paragraf di atas, karena keimanan kita akan memandu pikiran kita untuk senantiasa berprasangka baik pada Allah.Tentu saja prasangka baik yang diiringi pula dengan ikhtiar nyata.

Sesungguhnya orang-orang yang ketakutan akan menjadi miskin atau hidup kekurangan setelah menikah telah menunjukkan kualitas keimanannya yang tipis atau kecintaannya yang teramat sangat akan kehidupan dunia, sehingga ia berani menafikan janji Allah dalam Al Quran tersebut.

“Carilah kaya (hidup berkecukupan) dengan menikah.” Umar bin Al-Khattab juga mengatakan semisal itu. (Tafsir Al-Qur’an Al-‘Azhim, 5:533)

Lalu bagaimana dengan fakta di lapangan yang menunjukkan banyak orang miskin yang tetap saja miskin setelah menikah? Bahkan ada juga yang tadinya hidup berkecukupan, eeh setelah menikah malah jatuh bangkrut?

Untuk kasus-kasus seperti ini kita tidak bisa langsung menjudge, mengambil keputusan gegabah, apalagi menghubung-hubungkannya dengan pernikahan sebagai pembawa 'sial', karena ada banyak faktor yang perlu diteliti terlebih dahulu: Apakah ia sudah berikhtiar? Apakah ikhtiar yang dilakukannya sesuai dengan syariat Islam dan telah dijalankan dengan optimal sesuai bidang ilmu bersangkutan?

Jika sudah ikhtiar dengan benar dan sesuai yang disyariatkan, maka semestinya tidak akan lama lagi Allah akan memperlihatkan kekuasaanNya. Bukankah banyak sekali pengusaha bangkrut dan menanggung utang begitu banyak, tapi akhirnya menjadi miliarder karena kesabarannya?

Jangan pernah takut menikah karena miskin, justru jika ingin kaya... segeralah menikah dan 'tagih' janji Allah yang akan memampukan kita dengan karuniaNya. Semoga menginspirasi dan bermanfaat


Sumber : ummi-online.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Yakinlah Bahwa Menikah Membuat Kita Kaya, Ini Sebabnya