Anda Masih Susah Bangun Subuh ? Ini Doa dan Caranya

Bagikandakwah  - Bangun dipagi hari  bagi sebagian orang sangatlah berat, apalagi bangun sebelum adzan subuh. Pengalaman Susah Bangun Tidur



Ada keinginan untuk sholat subuh? Tapi susah bangun sebelum waktu subuh? Itulah yang saya rasain sejak lama,padahal sudah pasang alarm setengah 5 + plus teriakan emak, tetep ga ngaruh, biasa bangun maksimal jam setengah 6 bahkan bisa jam 7 pagi! (bukan berarti ga pernah tepat waktu bangunnya, pernah kok kadang-kadang. Kadang-kadang banget tapi)

Yang saya rasain selama jarang sholat subuh akibat telat bangun adalah, kayaknya saya setiap hari hidup dipenuhi dengan keterburu-buruan, mau mandi buru-buru (ada faktor rebutan kamar mandi juga, mau makan buru-buru, mau berangkat kerja buru-buru takut telat).

Dan itu semua buat saya jadi gelisah setiap hari, dan yang peling penting adalah saya banyak kehilangan manfaat bangun subuh yang penuh barokah. Maafkan hambamu ini ya Allah

Metode
Suatu saat saya ikut acara kantin(kajian iman dan tambah ilmu)*bilang aja pengajian susah amat. Di mushola kantor ba’da zuhur, kebetulan juga disalah satu bahasannya ada ngebahas tentang bangun Subuh.

Lalu habis itu saya cari referensi lain dan dapetlah saya ilmunya. dan saya namain metodenya “minta dibangunin sama Allah“. metodenya kurang lebih seperti ini:

1. Jangan Tidur Terlalu Larut Malam

Tapi bener gan tidur itu jangan terlalu malam, karena kita butuh istirahat yang cukup, karena kan kita mau bangun untuk subuh, tapi kalo tidur jam 1 atau jam 2 dini hari.

Mungkin bisa aja kita bangun subuh, tapi kalo nanti mau aktifitas mencari nafkah/mencari ilmu bisa lemes dah kita.

2. Wudhu’

Lah wudhu? Emangnya mau sholat gan. Ga gan ini bener, kan suka ada pepatah di iklan-iklan gitu kalo “sebelum tidur jangan lupa cuci kaki + gosok gigi”

Nah tanggung gan! Tambahin aja wudhu sekalian, + gosok gigi gapapa dah. Kan dari pada cuci kaki doang ditambahin aja sekalian wudhu bisa dapet pahala kita. Cakep dah daripada cuci kaki doang. Nih gan ada hadist nabi dan beberapa manfaatnya berwudhu sebelum tidur:

“Barangsiapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudhu) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap ‘Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, kerana ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci’.” (HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar R.A.)

Hal ini juga ditulis dalam kitab Tanqih al-Qand al-Hatsis karangan syekh Muhamad bin Umar an-Nawawi al-Mantany. Dari Umar bin Harits bahwa Nabi bersabda:

”barangsiapa tidur dalam keadaan berwudhu ,maka apabila mati disaat tidur maka matinya dalam keadaan syahid disisi allah”.

Manfaat Wudhu Sebelum Tidur

Pertama, merilekskan otot-otot sebelum beristirahat. Mungkin tidak terlalu banyak penjelasan. Bisa dibuktikan dalam ilmu kedokteran bahwa percikan air yang dikarenakan umat muslim melakukan wudhu itu merupakan suatu metode atau cara mengendorkan otot-otot yang kaku karna lelahnya dalam beraktifitas.

Sangat diambil dampak positifnya bahwa jika seseorang itu telah melakukan wudhu, maka pikiran kita akan terasa rileks. Badan tidak akan terasa capek.

Kedua, mencerahkan kulit wajah. Wudhu dapat mencerahkan kulit wajah karena kinerja wudhu ini menghilangkan noda yang membandel dalam kulit. Kotoran-kotoran yang menempel pada kulit wajah kita akan senantiasa hilang dan tentunya wajah kita menjadi cerah dan bersih.

Ketiga, didoakan malaikat. Dalam sabda Beliau yang disinggung pada bagian atas, malaikat akan senantiasa memberikan do’a perlindungan kepada umat muslim yang senantiasa wudhu sebelum tidur.

Padahal malaikat adalah makhluk yang senantiasa berdzikir kepada Allah niscaya do’anya akan senantiasa dikabulkan pula oleh Allah. Oleh karena itu, senantiasa berwudhu itu adalah hal yang wajib kita lakukan.

3. Niat

Nah ini dia metode yang paling penting, kita pakai metode dibangunkan oleh Allah. Ingat! Allah itu tidak pernah tidur, kenapa kita menggantungkan sama alarm untuk bangun? Padahal kan kita punya Allah yang menghidupkan kan kita setelah mati(bangun tidur).

Nah begini saja cukup untuk niat kita: “Ya Allah tolong bangunkan saya sebelum subuh, saya ingin beribadah kepada-Mu tepat waktu”

Atau kalau lebih mantepnya lagi: “Ya Allah tolong bangunkan saya sebelum subuh, saya ingin sholat tahajud dan sholat subuh dan agar tepat waktu dalam berangkat kerja/sekolah”

4. Doa

  1. Baca istigfhar 3x
  2. Baca surat alfatihah
  3. Baca surat ayat kursi
  4. Dilanjutkan baca surat al-Ihklas, al-Falaq, dan an-Nas
  5. Baca do’a sebelum tidur


Nah setelah itu pejemkan mata deh, jangan melek ya gan, ga tidur-tidur nanti. Oke cukup sekian tips dari pengalaman saya, Alhamdulillah yang sebelumnya yang tadinya bangun paling pagi jam setengah 6, sekarang alarm juga kalah cepet sama saya (dengan bantuan Allah).

Dan yang saya rasain setelah biasa bangun subuh yang paling terasa adalah, alhamdulillah hidup saya jadi lebih teratur, gak gampang gelisah. Silahkan dipraktekan, memang awalnya memang berat, tapi lama-lama pasti akan terbiasa. Bayangin dah yang biasa bangun jam segitu, eh jadi bangun sebelum subuh gimana dah tuh rasanya.

Catatan Untuk sahabat dakwah

Ingat ya sahabat dakwah , jangan percaya sama metode dari saya, tapi percaya bahwa Allah yang membangunkan kita. Koreksi saya jika ada kesalahan kata. Semoga kita selalu dimudahkan sholat subuh berjamaah dimasjid bagi laki-laki.


Sumber: kaskus.co.id
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Anda Masih Susah Bangun Subuh ? Ini Doa dan Caranya