Orang Yang Sekarat Akan Mengalami 5 Tahapan Ini Sebelum Meninggal

Bagikandakwah – Sahabat dakwah , Yang bernyawa pada akhirnya pasti mengalami kematian. Semua manusia yang hidup di dunia ini pasti akan mati, begitu pula dengan makhluk hidup lainnya. Karena sebenarnya dunia ini hanyalah sementara, dan tidak abadi. Sebelum meninggal, seseorang pasti akan merasakan sesuatu yaitu sekarat.



Seseorang yang sedang dalam keadaan sekarat adalah orang yang sedang menuju tahap maupun proses kematian. Bahkan kematian bisa terjadi kapanpun, sesuai dengan takdir masing masing, entah karena sakit, kecelakaan, ataupun tanpa sebab.

Lalu apakah ada gejala ataupun tanda bahwa seseorang akan mengalami sekarat? Meskipun tidak ada orang yang tahu kapan mereka akan meninggal, setidaknya kamu tahu beberapa gejala yang mungkin akan dirasakan saat kamu hendak sekarat atau meninggalkan dunia ini untuk selamanya.

1. Merasa Gelisah

Seseorang yang akan mengalami sekarat biasanya akan sering merasa tidak tenang serta sulit tidur. Memang perasaan gelisah banyak menghantui orang awam, tetapi gelisah yang berlebihan merupakan tanda yang aneh, selain itu orang yang akan sekarat seringkali mengganti posisi saat tidur karena perasaan gelisah yang menghantui.

2. Menarik Diri

Menarik diri, bukan berarti orang yang sedang melakukan tarik tambang atau semacamnya. Akan tetapi menarik diri adalah sesuatu perasaan yang akan dimiliki oleh orang yang akan sekarat. Contohnya adalah seseorang tidak ingin lagi terlibat dalam aktifitas sosial ataupun melakukan kegiatan favorit yang biasa dilakukan.

3. Jantung Tidak Berdetak

Karena jantung sudah tidak bekerja, maka secara otomatis aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh dan otak juga akan terhenti. Akibat tidak adanya asupan oksigen dan darah ke otak, maka dalam hitungan beberapa detik otak juga akan mati dan disitulah akhir dari perjalanan hidup seorang manusia.

4. Kehilangan Nafsu Makan

Nafsu makan merupakan suatu nikmat tersendiri bagi manusia. Karena nafsu makan hanya akan diberikan oleh manusia yang hidup saja. Tetapi orang yang sedang dalam keadaan sekarat, akan dijabut nafsu makan dengan perlahan. Biasaya seseorang hanya akan makan dan minum dalam porsi sedikit dan berbeda dari biasanya.

5. Merasa Kedinginan

Kematian akan semakin mendekat jika kaki dan tangan terasa dingin dan mulai sedikit membiru akibat terhentinya aliran darah ke daerah tersebut. Tapi lama-kelamaan akan semakin menyebar ke bagian tubuh atas seperti lengan, bibir dan kuku.

Selain itu orang menjadi tidak responsif, meskipun matanya terbuka tapi memiliki tatapan mata kosong atau tidak melihat sekelilingnya.

Nah sahabat dakwah, itulah beberapa gejala yang akan dialami oleh seseorang yang sedang sekarat. Manusia pasti akan mati, mau tidak mau pasti akan mati sesuai dengan takdir mereka, dan semoga kamu bisa mempersiapkan diri dengan memperbanyak ibadah dan beramal saleh sebelum ajal menjemputmu. Dan semoga artikel ini dapat mengingatkan kita bahwa kehidupan ini hanya sementara. Semoga bermanfaat.


Sumber: islamidia.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Orang Yang Sekarat Akan Mengalami 5 Tahapan Ini Sebelum Meninggal