Inilah yang Terjadi Pada Tubuh Saat Hanya Makan Nasi dan Tempe

Bagikandakwah – Sahabat dakwah, Tidak semua orang beruntung bisa makan daging tiap hari. Baik daging ikan, ayam maupun sapi. Ada juga orang yang hanya bisa menyantap nasi putih berlauk temped an juga tahu.



Namun, karena pertimbangan selera, ada juga lo orang kaya yang tidak doyan daging malah tiap hari hanya makan nasi dan tempe.

Kira-kira, kalau dilihat kandungan gizinya, apakah makan tempe dan nasi saja sudah cukup untuk memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi kita? Yuk, kita runut satu persatu!

1. Protein
Kandungan protein tempe mendekati protein daging dan telur. Protein tempe juga tergolong protein sederhana, jadi mudah sekali diserap oleh tubuh.

Kandungan lisin dan metionin pada tempe dan nasi saling melengkapi. Jadi, makan tempe dan nasi cukup untuk memenuhi kebutuhan protein harian kita.

2. Karbohidrat
Nasi adalah sumber karbohidrat yang paling umum dikonsumsi oleh orang Indonesia. Tahukah kamu? Tempe juga mengandung karbohidrat. Jadi, makan tempe dan nasi saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat dan energi harian.

3. Vitamin dan mineral
Kedelai yang digunakan untuk membuat tempe kaya akan berbagai jenis vitamin dan mineral.

Tempe juga mengandung Vitamin B12, jenis vitamin yang sangat jarang ditemukan dalam makanan yang bersumber dari tumbuhan. Jadi, kebutuhan vitamin dan mineral kita bisa dipenuhi dengan makan tempe.

4. Serat
Tubuh teman-teman membutuhkan serat untuk menjaga kesehatan usus dan melancarkan pencernaan. Tempe mengandung serat yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan usus dan pencernaan.

5. Antioksidan
Tempe juga mengandung komponen flavonoid yang berperan penting menjaga kesehatan tubuh dari radikal bebas.

Wah sahabat dakwah, ternyata nutrisi nasi dan tempe saling melengkapi dan cukup untuk memenuhi kebutuhan harian kita. Tentunya, porsi makannya juga harus disesuaikan, dan lebih baik lagi bila ditambah dengan sayuran.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Inilah yang Terjadi Pada Tubuh Saat Hanya Makan Nasi dan Tempe