Cemas Hadapi Persalinan, Ini 3 Doa dari Nabi yang dapat Diamalkan Oleh Ibu Hamil

Bagikandakwah - Menunggu hari kelahiran buah hati merupakan hari paling dinanti oleh semua ibu hamil. Kendati proses kelahiran membutuhkan persiapan fisik dan mental, kelahiran bayi tetaplah membahagiakan.


Saat-saat persalinan merupakan saat-saat yang berat dalam episode kehamilan. Saat itu, seorang calon ibu diuji dengan ujian yang sangat berat.  Tak jarang seorang ibu merasa cemas dan khawatir akan keselamatan diri dan juga bayinya.

Nah sobat dakwah, dalam kondisi semacam itu, Rasulullah SAW mengajarkan beberapa doa. Doa tersebut tentunya dapat diamalkan oleh umatnya. Berikut ini doanya:

 1 Doa ketika ditimpa kekhawatiran

Rasulullah SAW pernah memberi petunjuk kepada Asma binti Umais, dengan bersabda:

“Maukah engkau aku ajari beberapa kata yang bisa kau ucapkan saat dalam kekhawatiran? (ucapkan):

‘Allah, Allah Rabbku. Aku tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu pun.” (HR Abu Dawud)

2 Doa saat mengalami ketakutan

Abu Bakrah meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda, “Doa orang yang ditimpa ketakutan adalah:

‘Ya Allah, hanya rahmat (kasih sayang)-Mu lah yang kuharap. Makaitu, jangan Engkau biarkan diriku sendiri sekejap mata pun dan perbaikilah semua urusanku. Tiada ilah selain Engkau.’ (Shahih Al Adabil Mufrad [261], no. 539)

3 Doa saat ditimpa kesulitan atau kesedihan

Nabi SAW bersabda, “Apabila seorang hamba ditimpa kesulitan dan kesedihan, berdoa:

“Ya Allah, aku adalah hamba-Mu, anak hamba-Mu yang laki-laki dan anak hamba-Mu yang perempuan. Ubun-ubunku berada di tangan-Mu. Keputusan-Mu pada diriku pasti terjadi dan adillah ketentuan-Mu pada diriku. Aku memohon kepada-Mu dengan segala nama milik-Mu yang Engkau sebutkan untuk diri-Mu dan Engkau turunkan dalam kitab-Mu dan Engkau ajarkan kepada salah seorang makhluk-Mu atau masih dalam perkara gaib yang hanya Engkau sendiri mengetahuinya. Jadikanlah Alquran penyejuk hatiku, cahaya penglihatanku, pembebas kesedihanku, dan pengusir kegelisahanku.’ Allah pasti akan menghilangkan kesulitan dan kesedihannya dan menggantikan dengan kemudahan.” (Shahih Al Kalimit Thayyib, Ibnu Taimiyyah)

Itulah ketiga doa yang diajarkan Nabi di atas, tentunya juga bisa diamalkan oleh ibu hamil yang sedang gelisah menunggu ataupun menjalani proses persalinan. 

Semoga Allah melancarkan persalinan anda.


Referensi: Islamic Parenting/ Karya: Syaikh Jamal Abdurrahman/Penerbit: Aqwam/tahun: 2010

sumber : islampos.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cemas Hadapi Persalinan, Ini 3 Doa dari Nabi yang dapat Diamalkan Oleh Ibu Hamil