4 Tips Mudah Menghilangkan Rasa Nyeri Saat Haid

Bagikandakwah - Nyeri haid atau kram perut ketika haid memang menyiksa, tidak bisa beraktivitas dengan normal. Kita sering mendengar bahwa air putih itu bisa membantu nyeri haid. Akan tetapi ada sejumlah tips yang sangat efektif untuk membantu redakan nyeri haid yang berkaitan dengan kebutuhan cairan tubuh.



Mulai dari hal yang paling mudah dengan cara istirahat yang cukup, olahraga yang cukup agar tubuh terasa nyaman selama haid.

Berikut ini 4 tips untuk mengurangi bahkan menghilangkan rasa nyeri saat haid :

1. Sehari Minimal 6 Gelas Air Putih
Minum air putih disarankan setidaknya 6 gelas sehari. Dan harus disesuaikan dengan kebutuhan dan aktivitas sehari-hari. Ketika haid kita harus meminum 6-8 gelas air putih. .

2. Hindari Minuman Berkafein
Dilansir dari onhealth.com, menghindari kafein dapat membantu redakan nyeri haid. Misal kopi, minuman yang bersoda dan bernergi. Jika terbiasa minum kopi maka lebih baik hentikan selama haid, sebagai gantinya coba konsumsi smoothies yang mengandung sayuran kaya anti oksidan dan aneka buah beri. Jika kita minum minuman yag berkafein akan mudah dehidrasi karena akan membuat buang air kecil lebih sering.

3. Siapkan Infused Water
Jika merasa bosan minum air putih, maka bisa bervariasi dengan menyiapkan infused water. Kita bisa menggunakan irisan mentimun, daun mint, dan irisan buah lemon untuk membuat infused water yang segar.

4. Minum Air Kaldu Tulang
Minuman yang hangat juga bisa membantu kurangi rasa sakit dan nyeri haid. Joyce Faraj, PhD, RDN, CDN, ahli gizi di Mountainside
seperti yang dikutip dari bustle.com mengatakan bahwa air kaldu tulang bisa bantu meredakan nyeri haid. Karena air kaldu tulang juga merupakan salah satu sumber asam amino anti inflamasi yang baik. Juga bisa diminum ketika sedang nyeri haid.


Itulah beberapa tips mengatasi nyeri haid. Semoga bermanfaat

sumber: [fimela.com]
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 4 Tips Mudah Menghilangkan Rasa Nyeri Saat Haid