Merasa Tidak Bersalah, Padahal Suami Sering Melakukan 5 Dosa Ini Pada Istri

Bagikandakwah - Ketika sudah berumahtangga, Bertengkar dengan pasangan adalah yang wajar, Bahkan seringkali perbuatan suami menyakiti hati istri dan hal tersebut dianggap sepele oleh sang suami. Diantaranya adalah:



1. Berburuk Sangka Kepada Istri
Syariat Islam mengharamkan kita berburuk sangka kepada orang lain. Meskipun hal tersebut didalam hati namun bisa mempengaruhi ucapan dan perbuatan sehingga istri resah karena ia selalu dicurigai dan dianggap bersalah.

إِيَّاكُمْ وَالظَّنَّ فَإِنَّ الظَّنَّ أَكْذَبُ الْحَدِيثِ

“Waspadalah dengan buruk sangka karena buruk sangka adalah sejelek-jeleknya perkataan dusta.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Ada suami yang suka berburuk sangka kepada istrinya tentang keungan mereka. Misal uang berkurang suami langsung berbuurk sangka dan menuduh istrinya, padadahal uang tersebut habis digunakan untuk keperluan keluarga. Atau ketika ada uang hilang menuduh istrinya, padahal uangnya hanya terselip dilain tempat.

Suami juga sering curiga tentang perasaan cinta juga kesetiaan sang istri. Setiap sang istir menerima telepon ia malah menguping.

2. Malas Mencari Nafkah
Salah satu kewajiban suami adalah memberi nafkah, nafkah lahir dan batin, antaranya beruapa nafkah materi berupa tempat tinggal, pakaian dan makanan.

وَلَهُنَّ عَلَيْكُمْ رِزْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ

“Mereka (istri-istri itu) berhak mendapatkan nafkah dan pakaian yang layak, yang menjadi tanggung jawab kalian (para suami)” (HR. Muslim)

Ketika suami malas untuk mencari nafkah maka ia sudah melakukan dosa kepada istrinya karena sudah meresahkan istrinya. Ketika keluarganya kekurangan uang ia dengan santai menyuruh istrinya minta kepada orang tuanya. Suami yang demikian membuat istri resah karena ia pun enggan bergantung kepada orang tuanya.

3. Pelit Memberi Nafkah
Sang suami sudah mencari nafkah bahkan ia sudah kaya namun ia sangat pelit untuk memberi nafkah kepada istrinya. Misa; memberi uang belanja diatur-atur, uang yang diberikan harus cukup padahal sebenarnya uang tersebut tidak cukup untuk kebutuhan keluarga.

Dulu seorang wanita mengadukan kepada Rasulullah ia menceritakan bahwa suaminya sangat pelit. Lantas ia bertanya kepada Rasulullah apakah boleh mengambil uang demi kebutuhan keluarga. Lantas Rasulullah mengijinkan untuk mengambil sesuai kebutuhannya.

4. Tidak Nemberikan Nafkah Biol0gis Kepada Istri
Ketika suami tidak memberikan nagkah biol0gis kepada istrinya tanpa ada udzur syar’i. Jika alasannya tidak ada udzur syar’i termassuk dosa sebab suami wajib memenuhi hak istri.

Atau ketika sang suami melakukan berhubungan dengan istri ia melakukan semau mereka, ketika sang suami merasa puas ia pergi begitu saja tanpa menghiraukan sang istri.

5. Meremehkan Kedudukan Wanita
Ketika suami tidak menghargai istri, suka menghiraukan perkataan istri, tidak pernah melibatkan istri ketika mengambil keputusan. Karena sang sumi merasa bahwa kedudukan suami lebih tinggi dari pada istri.


Atau suka menghina istri di depan anak-anak, menyebut bodoh, tidak bisa mengatur rumah dan lain sebagainya. 

Demikianlah 5 hal yang dapat menyakiti hati istri, dan tentunya jika istri tersakiti maka sang suami berdosa. 

Semoga dengan membaca artikel ini para suami mengerti bahwa istri itu sangat butuh di hargai dan dinafkahi.

sumber : wajibbaca.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Merasa Tidak Bersalah, Padahal Suami Sering Melakukan 5 Dosa Ini Pada Istri