4 Tips Biar Tidak Gampang Marah Dalam Islam

Bagikandakwah - Setiap orang pasti memiliki kekurangan dan keburukan, dan semua orang tidak bisa lepas dari kemarahan, menurut Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin mengatakan, sifat marah layaknya api yang keluar dari jiwa manusia.



Ia juga mengatakan bahwa marah itu merupakan emosi yang tidak terkonrol sehingga ia tidak bisa berpikir jernih dan akhrinya bisa merugikan diri sendiri.

Lantas bagaimana agar kita tidak menjadi orang yang mudah marah? Sebagai orang muslim tentu ada cara untuk mengontrol kemarahan kita dan dianjurkan untuk menjalankan beberapa tips sebagai berikut:

1. Pasrah Kepada Allah
Kita harus pasrah kepada Allah dan membaca taawudz dan segera berwudhu untuk mendinginkan hati. Rasulullah SAW bersabda:

إِني لأعلمُ كَلِمَةً لَوْ قالَهَا لذهبَ عنهُ ما يجدُ، لَوْ قالَ: أعوذُ بالله مِنَ الشَّيْطانِ الرَّجيمِ، ذهب عَنْهُ ما يَجدُ

Artinya: “Sungguh saya mengetahui ada satu kalimat, jika dibaca oleh orang ini, marahnya akan hilang. Jika dia membaca ta’awudz: A’uudzu billahi minas syaithanir rajiim, marahnya akan hilang.” (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Hindari Perdebatan
Ketika suasan memanas maka jangan semakin berdebat sehingga bisa memicu amarah. Hal ini juga dijelaskan di dalam salah satu riwayat hadist, Rasulullah SAW bersabda:

إِذَا غَضِبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَسْكُتْ

Artinya: “Jika kalian marah, diamlah.” (HR. Ahmad).

3. Ketika Sedang Emosi atau Menghadapi Orang Marah Maka Duduklah
Ketika anda berdebat dalam keadaan berdiri, maka lebih baik duduklah ajak ia duduk, ngobrol untuk memecahkan masalah secara baik-baik.

Seperti riwayat hadist berikut ini:

إِذَا غَضِبَ أَحَدُكُمْ وَهُوَ قَائِمٌ فَلْيَجْلِسْ، فَإِنْ ذَهَبَ عَنْهُ الْغَضَبُ وَإِلَّا فَلْيَضْطَجِعْ

Artinya: “Apabila kalian marah, dan dia dalam posisi berdiri, hendaknya dia duduk. Karena dengan itu marahnya bisa hilang. Jika belum juga hilang, hendak dia mengambil posisi tidur.” (HR. Ahmad 21348, Abu Daud 4782).

4. ingatlah Bahwa Ada Kebaikan Ketika Menahan Amarah
Ketika seseorang menahan amarah ia akan mendapatkan pahala besar. Allah berfirman:

الَّذِينَ يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

Artinya: “(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.” (QS. Ali Imran: 134).

Jika kita bisa menahan amarah dan bersabar, maka Allah akan menjanjikan hadiah yang luar biasa, seperti dijelaskan di dalam riwayat hadist berikut ini:

مَنْ كَظَمَ غَيْظاً وَهُوَ قادرٌ على أنْ يُنفذهُ دعاهُ اللَّهُ سبحانهُ وتعالى على رءوس الخَلائِقِ يَوْمَ القيامةِ حتَّى يُخيرهُ مِنَ الحورِ العين ما شاءَ


Artinya: “Siapa yang berusaha menahan amarahnya, padahal dia mampu meluapkannya, maka dia akan Allah panggil di hadapan seluruh makhluk pada hari kiamat, sampai Allah menyuruhnya untuk memilih bidadari yang dia kehendaki” (HR. Abu Daud). 

Demikianlah beberapa tips agar tidak mudah marah, Semoga bermanfaat.

sumber :muslim.okezone.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 4 Tips Biar Tidak Gampang Marah Dalam Islam