Tips Agar Anak Suka Baca dan Tidak Kecanduan Gadget

Bagikandakwah  - Di jaman modern ini banyak anak yang kecanduan denga gadget, tak sedikit sampai mengalami penyakit disebabkan karena gadget tersebut.



Untuk itu alangkah lebih baik sebagai orang tua harus memutar otak agar memiliki hobi membaca. Karena ketika anak sudah kecanduan bermain game, nonton tv dan video tentu akan membuatmu lebih keras lagi mendekatkan ia kepada buku.

1. Pilih Topik yang Tepat
Mulai membaca tentang hal yang disuka oleh anak anda. Jika ia suka kecantikan maka belikan buku tentang konsmeti atau kecantikan.

Apapun yang ia suka, cobalah belikan buku yang berkaitan dengan kesukannya, agar ia tertarik untuk membaca.

2.Memilih Bacaan Sendiri
Ajaklah ke toko buku dan biarkan ia memilih jenis bacaan sendiri yang ia sukai. Bebaskan si anak untuk mencari buku yang ia anggap menarik. Namun anda harus memastikan bahwa bacaannya sesuai dengan usianya.

3. Berdiskusi
Ajak berdiskusi tentang apa yang sudah dibaca. Jika benar-benar antusias dengan apa yang dibaca maka ia akan menjelaskan jika tidak maka maka ia akan kelihatan bahwa ia tidak antusias. Lebih baik ajak berdiskusi tentang hal yang menarik.


Atau bisa ceritakan masa kecil kepada sang anak. Jika sang anak tertarik belikan buku yang ada kaitanya. Tunjukan kepada sang anak bahwa kamu suka membaca. Dan jelaskan apa saja manfaat dari hobi membaca. 

Demikianlah tips agar anak lebih senang membaca buku daripada menggunakan gadget.

sumber :genpi.co
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Agar Anak Suka Baca dan Tidak Kecanduan Gadget